Triawan Munaf, Pariwisata Harus Didukung Ekonomi Kreatif

0

DOMPU-Pengembangan pariwisata hendaknya harus didukung oleh tumbuhnya ekonomi kreatif. Karena itu keduanya harus didorong secara bersamaan untuk meningkatkan minat kunjungan kedaerah tertentu.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI Triawan Munaf dalam sambutan penutupan Festifal Pesona Tambora (FPT) 11 April 2017 di Savana Doroncanga Pekat. ”Industri pariwisata harus didukung oleh ekonomi kreatif,” ujarnya dihadapan Deputi Kementrian Pariwisata RI, Wakil Gubernur NTB, Bupati dan ribuan warga Dompu.

Diakuinya Kabupaten Dompu memiliki banyak potensi wisata, seperti Gunung Tambora dan Pantai Lakey yang sudah mendunia. Tetapi industri pariwisata tidak bisa berjalan sendiri tanpa dukungan yang lain terutama industri ekonomi kreatif. ”Pemerintah daerah harus mendorong ini secara bersama-sama,”pintanya.

Triawan menyoroti sejumlah daerah yang memiliki potensi pariwisata yang sangat menarik, tetapi gagal dalam memanfaatkan potensi budaya setempat. Seperti pembangunan hotel, home stay maupun penginapan-penginapan masih menggunakan bahan-bahan dari luar daerah padahal potensi lokal ada dan tidak kalah dengan bahan luar daerah.

Potensi-potensi inilah yang harus digali dan dikembangkan, sehingga pariwisata dan ekonomi kreatif bersinergi dan maju bersama,”katanya.

Seperti kopi Tambora yang disuguhkan dipuncak FPT, itu adalah sesuatu yang cukup menarik dan sangat bernilai bila dikembangkan secara maksimal, tidak hanya diproduk untuk masyarakat lokal tetapi harus meluas secara nasional dan Internasional. ”Terus terang saya baru merasakan aroma dan rasa kopi yang enak,” pujinya.

 

Komentar