oleh

Sibuk Sebagai Plt Sekda, Kasat Pol PP Lupa Tertibkan Ternak

 

DOMPU-Kesibukan sebagai Plt Sekda Dompu membuat H Moh. Saiun SH lupa akan tanggung jawabnya sebagai Kasat Pol PP Dompu.

Terbukti, saat ini Kasat Pol PP tidak lagi aktif melaksanakan tugas dan fungsinya dalam mengamankan sejumlah (Peraturan Daerah) Perda, salah satunya yakni Perda nomor 9 tahun 2006 tentang pemeliharaan dan penertiban hewan ternak.

Dalam Perda tersebut secara jelas diatur tentang larangan dan sanksi mengembalakan hewan ternak secara liar di dalam wilayah perkotaan.

Adanya praktek oknum masyarakat yang secara sengaja melepas liar dan mengembalakan hewan ternak berupa sapi dan kambing di tengah wilayah Kota Dompu belakangan ini kian menjadi.

Dan ironisnya, kondisi itu terkesan malah dibiarkan tanpa ada tindakan secara optimal yang bisa dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini pihak Sat Pol PP.

Gerombolan hewan ternak itu kerap dijumpai di pasar induk Dompu, di taman Kota, di ruas jalan utama, di halaman gedung DPRD bahkan di halaman kantor Bupati Dompu.

Selain menggangu estetika keindahan kota. Aktifitas hewan ternak itu juga kerap mengancam keselamatan sejumlah pengguna jalan. Bahkan sering menimbulkan kecakaan lalulintas.

Kondisi ini pula terjadi pada Rabu (5/5) pagi tadi tepat di depan Gedung DPRD Dompu nyaris terjadi kecelakaan lantaran gerombolan ternak kambing menghadang pengendara motor yang melintas.

Beruntung pengendara motor yang bisa menahan laju kendaraannya. “Ini tidak bisa dibiarkan terjadi. Kita punya aturan, Pol PP harus turun penertiban,” gerutu pengendara.

Beberapa pengunjung taman kota Dompu juga bereaksi menyaksikan insiden yang nyaris memicu kecelakaan akibat gangguan ternak di jalan raya.

Warga berharap pemerintah di bawah kepemimpinan AKJ-SYAH bisa lebih responsif dan serius menyikapi persoalan yang dikeluhkan masyarakat. “Kondisi seperti ini sudah lama terjadi. Ini tidak boleh dianggap sepele. Jangan menunggu ada korban jiwa baru bersikap. Toh ini juga ada Perda yang mengatur,” tutur Wahyuruddin salah seorang warga.

Secara terpisah Kasat Pol PP Dompu Moh Saiun SH yang hendak dikonfirmasi belum berhasil ditemui. Dihubungi via Celuler dan WhatsApp juga tidak ada balasan. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]

News Feed