oleh

Masih Dibawah Target, Dikes Genjot Vaksinasi Nakes

 

DOMPU-Rendahnya pencapaian vaksinasi dikalangan tenaga kesehatan (Nakes) masih menjadi persoalan saat ini di Kabupaten Dompu.

Sampai dengan hari ini tercatat sebanyak 845 orang atau 47.98 persen Nakes yang telah divaksin. Sementara target 1.761.845 orang.

Dengan kondisi tersebut, pihak Dikes masih harus bekerja keras lagi dalam memaksimalkan kegiatan vaksinasi tahap III bagi para Nakes. “Memang masih dibawah 50 persen. Kami akan genjot terus,” ungkap Sekretaris Dikes Dompu, Maman SKM saat dikonfirmasi media ini, Kamis (16/9) pagi tadi.

Diungkapkan, sejauh ini terdapat beberapa puskesmas yang tenaga kesehatan nya belum maksimal melakukan vaksinasi. “Puskesmas Kilo dan rumah sakit Pratama sudah pada zona aman. Yang lainya masih minim,” katanya.

Bahkan menurut Maman, RSUD Dompu berada pada Zona merah karena hanya sedikit Nakes yang berhasil vaksin sekitar 18.29 persen atau 64 orang dari target 350 orang. “Sejak wabah Covid melanda, banyak nakes kita yang terkonfirmasi positif sebanyak 199 orang,” paparnya.

Hal ini pula menjadi salah satu faktor dibalik rendahnya pencapaian target vaksinasi pada Nakes. Karena nakes ini bisa divaksin setelah 3 bulan pasca pemulihan. “Tapi kita akan genjot terus. Nanti akan diberlakukan absensi satu persatu,” ujar Maman.

Pihaknya Dikes juga akan menghimbau para Nakes agar secara pro aktif melaksanakan vaksinasi terhadap keluarganya mulai dari suami, istri dan anak-anak.

Terkait slide video para Nakes dan keluarga nya yang divaksin seperti yang diminta Bupati Dompu menurut Maman saat ini tengah dalam proses. “Itu masih di garap. Nanti akan ditayangkan pad setiap kegiatan vaksin,” katanya.

Menanggapi adanya keluhan sejumlah Nakes pasca melaksanakan kegiatan vaksin. Menurut Maman itu sebagai hal yang wajar karena efek dari reaksi dosis vaksin. “Moderna ini bagus efikasinya. Pasca vaksin pasti ada gejala tapi itu aman kok. Tidak perlu cemas,” ujarnya.

Keterangan yang berhasil diperoleh media ini dari beberapa orang Nakes, pasca menjalani suntik vaksin mereka rata-rata mengalami demam, pusing dan lemas. “Saya demam sampai tiga hari. Alhamdulillah sudah baikan. Bagi rekan Nakes ayo vaksin segera biar kita semua sehat,” tutur salah seorang Nakes yang enggan disebutkan namanya. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]

News Feed