oleh

Muhammad Subahan Dukung Aksi Warga Tutup TPA Lune

 

DOMPU-Anggota DPRD Kabupaten Dompu, Muhammad Subahan mendukung penuh langkah dan upaya warga Desa Luna dan Desa Jambu yang melakukan aksi blokade jalan masuk TPA.

Menurut politisi asal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu, aksi penutupan TPA Desa Lune oleh warga itu terpaksa dilakukan sebagai upaya mengingatkan pemerintah terhadap kondisi dan persoalan yang terjadi di TPA. “Saya dukung aksi penutupan sementara akses TPA oleh warga. Sembari menunggu solusi,” tegasnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya di gedung DPRD Dompu, Selasa (02/11) pagi tadi.

Sikap dukungan yang disampaikan ketua Komisi II DPRD Dompu itu dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab moralnya sebagai anggota legislatif.

Sebagai seorang legislator, dirinya kata Subahan harus menjadi garda terdepan dalam menyuarakan setiap persoalan yang diperjuangkan masyarakat. “Itu tidak layak dikatakan sebagai sebuah TPA. Justeru keberadaannya mengancam ekosistem lingkungan,” katanya.

Idealnya sebuah TPA, menurut Subahan harus dipagar keliling agar aman dan nyaman bagi lingkungan sekitar. Apalagi mengingat lokasi itu merupakan pusat kegiatan pertanian dan perikanan sektor tambak udang dan bandeng. “Sekarang lagi muncul persoalan TPA kok dipakai buang limbah medis B3. Tentu ini berbahaya bagi warga dan lingkungan,” katanya.

Atas nama lembaga DPRD. Pihaknya mempertanyakan kinerja pihak RSUD Dompu dalam hal pengelolaan limbah medis.

Karena sepengetahuan pihaknya, RSUD memiliki pos anggaran untuk mengelola limbah medis. “Teknisnya mau di swakelola atau dipihak ketiga itu urusan mereka. Tapi kok bisa limbah B3 dibuang sembarangan ke TPA,” ujar Subahan. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]

News Feed