oleh

Diterjang Banjir, Ruas Jalan Utama Kecamatan Kilo Putus

 

DOMPU-Intensites hujan di beberapa wilayah Kabupaten Dompu hingga kini masih cukup tinggi. Ancaman banjir dan tanah longsor kerap terjadi.

Imbasnya, Minggu (20/03) sore kemarin, ruas jalan utama yang ada di wilayah Kecamatan Kilo putus. Ruas jalan yang putus itu terletak di Desa Malaju.

Putus dan rusaknya akses jalan utama di wilayah paling utara Kabupaten Dompu itu disebabkan karena terjangan air banjir bandang. Sebab sebelumnya wilayah Kecamatan Kilo dilanda hujan deras.

Rusaknya kondisi kawasan hutan sekitar juga menjadi salah satu pemicu dibalik ambrolnya ruas jalan itu. Sebab, sedimentasi dari arah timur pegunungan ikut menerjang bersama air bah.

Akibat terputusnya ruas jalan tersebut. Aktifitas masyarakat di Kecamatan Kilo saat itu lumpuh total. Sejumlah pengendara yang hendak melintas terpaksa berhenti sembari menunggu proses evakuasi yang dilakukan secara swadaya oleh warga sekitar. “Sementara kita bikin jembatan darurat dengan balok kayu agar bisa dilewati,” ungkap Anhar, salah seorang warga.

Dengan kondisi yang terjadi, warga Kecamatan Kilo berharap ada perhatian serius dari pemerintah. “Status jalan ini kewenangan provinsi. Kami berharap bupati Dompu bisa bantu kami disini,” pinta sejumlah warga. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]

News Feed