Keberadaan Wartawan Profesional Semakin Urgen

Headline774 Dilihat

Dewan Pers Dorong Wartawan Ikut Uji Kompetensi

Oleh : Yusril Ramadhan

Keberadaan wartawan profesional semakin urgen dan sangat dibutuhkan saat ini. Hal ini penting karena perkembangan dunia jurnalistik semakin maju. 

Hal itu disampaikan oleh anggota dewan pers Asep Setiawan saat meutup acara Uji Komptetensi Wartawan (UKW) NTB di Hotel Golden Palace Mataram 8 Juli 2023.

Menurutnya lewat UKW ini akan melahirkan wartawan-wartawan profesional dibidangnya. Sebab lewat UKW akan diuji faktor  yang berkaitan dengan etika, keterampilan dalam meliput juga faktor keterampilan serta kecermatan dalam menulis laporan.

Diuraikan, secara nasional Dewan Pers sudah melahirkan 24 000 wartawan profesional lewat UKW. Untuk NTB sebanyak 338 wartawan yang sudah berkompoten. ”Hasil UKW ini wartawan yang berkompoten semakin bertambah,” ujarnya.

Menghadapi pemilu, Dewan Pers berharap media semakin meningkatkan profesionalitas wartawanya sehingga dalam liputanya melahirkan berita yang akurat dan berimbang.

Karena itu Dewan Pers mendorong agar perusahaan media segera mengikutkan wartawanya dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sehingga kemampuanya mengumpulkan, mengolah dan menyajikan berita tidak diragukan lagi.

 Ketua PWI NTB Berharap Hasil UKW Bawa Perubahan Bagi Wartawan.

Sementara itu Ketua PWI NTB Nasruddin berharap hasil UKW yang digelar selama dua hari membawa perubahan bagi wartawan yang melaksanakan tugas dilapangan. Selain bisa menghasilkan karya jurnalis yang profesional juga mampu memberikan perubahan dalam berprilaku dan beretika. ”Karena dalam UKW itu diajarkan,” katanya.

Menurutnya seorang jurnalis harus mampu mempersembahkan karya-karya terbaiknya untuk menarik minat pembaca maupun pemirsa. Atas terlaksananya UKW ini Nasaruddin menyatakan terima kasih pada Dewan Pers yang telah menggelar UKW di NTB

Sementara perwakilan IJTI Hafiz berharap lewat UKW ini akan melahirkan wartawan yang berkelas secara nasional dan internasional. Dia juga meyakini kalau wartawan menghayati dan mengamalkan point point yang diajarkan dalam UKW tentu akanmelahirkan wartawan yang profesional dalam menjalankan tugas. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *