40 Mahasiswa Asal Dompu Dapat Beasiswa Dari PT STM

Headline696 Dilihat

DOMPU-Sebanyak 40 mahasiswa asal Kabpaten Dompu NTB mendapat beasiswa dari PT Sumbawa Timur Mining (STM). Penyerahan beasiswa itu dilakukan pada Rabu, 1 Nopember 2023 di Pendopo Bupati Dompu dan diserahkan oleh Manager Community Relation PT STM Ulya Defretes.

“Kami berharap beasiswa ini menjadi pemicu penerima manfaat untuk meraih prestasi yang lebih tinggi, sekaligus menginspirasi mahasiswa dan pelajar lainnya untuk berjuang mencapai prestasi terbaik,” kata  Ulya Defretes, saat acara penyerahan Beasiswa Prestasi, di Pendopo Bupati Dompu.

Penyerahan Beasiswa Prestasi PT STM secara simbolis dibuka oleh Bupati Dompu, H. Kader Jaelani. Pada kesempatan itu turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Kab. Dompu serta seluruh keluarga penerima beasiswa. Seremoni penyerahan beasiswa prestasi ini sengaja mengundang orang tua penerima beasiswa agar dapat mempererat silaturahmi antara PT STM dengan para orang tua penerima beasiswa, juga sebagai bentuk kebanggaan dan syukur atas prestasi para penerima beasiswa tersebut.

Para penerima beasiswa berasal dari berbagai program studi, yang dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu teknik dan non-teknik. Jurusan teknik meliputi teknik pertambangan, teknik sipil, teknik lingkungan, teknik logistik, teknik elektro, teknik industri, teknik geodesi, teknik informatika, teknik laboratorium medis. Sedangkan jurusan non-teknik diantaranya; hubungan internasional, akuntansi, agroekoteknologi, ilmu gizi, matematika, manajemen, kesehatan masyarakat, ilmu tanah, keperawatan, dan ilmu lingkungan.

Mereka berasal dari 18 perguruan tinggi negeri dan swasta yang tersebar di Propinsi NTB dan luar NTB seperti Universitas Mataram, Universitas Islam Indonesia, Universitas Brawijaya, Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Muhammadiyah Mataram, dan beberapa Universitas lainnya.

Sebelumnya para mahasiswa itu telah melalui proses seleksi ketat yang dimulai pada 24 Juli 2023 dan berakhir pada 29 September 2023. Proses seleksi ini melibatkan 97 mahasiswa, yang menjalani tahap seleksi administrasi, uji kemampuan dasar dan studi kasus, tes wawancara, dan seleksi akhir yang menyaring 40 mahasiswa berprestasi.

Ulya menjelaskan, jumlah penerima Beasiswa Prestasi tahun ini meningkat dua kali lipat lebih. Tahun lalu, mahasiswa penerima berjumlah 19 orang. Tahun ini jumlahnya bertambah menjadi 40 mahasiswa.

Bertambahnya jumlah penerima manfaat program Beasiswa Prestasi ini juga adalah masukan dari Pemerintah Kabupaten Dompu beberapa waktu lalu, “STM menangkap masukan tersebut dan berupaya mewujudkannya. Kami berterima kasih atas dukungan Bupati Dompu dan jajarannya, serta berbagai pihak lainnya yang memberikan perhatian terhadap program ini. Saya yakin dukungan semua pihak akan memberikan dorongan bagi ke-40 mahasiswa terbaik dalam menyongsong masa depan yang lebih cerah,” katanya. (DB01)

Tentang PT Sumbawa Timur Mining – PT STM

PT Sumbawa Timur Mining (STM) merupakan perusahaan patungan antara Eastern Star Resources Pty Ltd (80%), anak perusahaan yang 100% sahamnya dimiliki oleh Vale SA, dan PT Antam Tbk (20%). STM adalah pemilik Kontrak Karya (KK) Proyek Hu’u generasi ke-7 dan Penugasan Survei Pendahuluan dan Eksplorasi Panas Bumi di Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Wilayah Kontrak Karya mencakup 19.260 hektar di Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima. Saat ini, STM sedang melakukan kegiatan eksplorasi mineral untuk mewujudkan visinya menjadi tambang tembaga kelas dunia yang didukung oleh energi terbarukan

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *