oleh

Jelang Hari Menanam Pohon Tahun Ini, PT STM Tanam Ratusan Pohon Lagi

Total Pohon Yang Ditanam 13.525 Pohon

DOMPU-Hari menanam pohon Indonesia diperingati setiap 28 Nopember, menjelang perayaan hari menanam pohon perusahaan tambang yang bermarkas di Kecamatan Hu’u Dompu NTB, PT Sumbawa Timur Mining (STM) mengawalinya dengan menanam dengan 300 pohon disekitar area Nangadoro Minggu 26 Nopember 2023. Aksi penanaman itu melibatkan karyawan dan kotraktor PT STM, selain itu 27 Nopember berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu menanam ratusan pohon lagi disepanjang ruas jalan Pajo.

PT STM sendiri rutin memperingati Hari Menanam Pohon sejak tahun 2019 lalu, didukung oleh fasilitas pembibitan (nursery) berkapasitas 12.500 bibit di area Wadubura dan Nangadoro. Menurut Razky Akbar, External Relations & Sustainability Manager, dalam siaran pers yang diterima sampai dengan tahun 2023 ini perusahaan ini telah berhasil menanam 13.525 pohon dengan cakupan area seluas 68.1356 hektar yang tersebar di 97 lokasi eksplorasi Proyek Hu’u.

”Seluruhnya bertujuan untuk revegetasi dan rehabilitasi hutan atau bukaan lahan bekas pemboran eksplorasi yang sudah tidak dipergunakan, juga untuk menggantikan tegakan pohon di area lain yang mungkin terdampak,”. paparnya.

Ditambahkan, secara umum penanaman pohon bermanfaat untuk antisipasi perubahan iklim global, mencegah menurunnya daya dukung lingkungan, mengatasi deforestasi, dan mencegah kerusakan lingkungan lainnya yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan.

Dalam kegiatan penanaman pohon, seluruh peserta nampak antusias, karena itu Razky berharap keterlibatan seluruh karyawan dan kontraktor menginsipirasi kebiasaan baik, “Kami harapkan langkah konsisten yang kita lakukan memberikan warisan yang baik bagi generasi mendatang, serta menumbukan kesadaran cinta lingkungan dalam diri kita semua,” pintanya. (DB01)

 

 

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]