Pembangunan Desa, Warga Harus Dilibatkan

0

DOMPU–Berbagai pembangunan didesa hendaknya melibatkan warga setempat. Ini penting agar warga dapat berpartisipasi aktif dan mampu mendorong berbagai proses pembangunan agar cepat maju.

Penegasan itu disampaikan Bupati Dompu Drs H Bambang Yasin pada acara pembinaan Kades digedung PKK kamis 02/3.

Hasil evaluasi yang dilakukan didua tahun terakhir menunjukan masih ada Kades yang melaksanakan sendiri kegiatan proyek didesa yang dipimpinya. Mereka dilaporkan jadi kontraktornya, jadi suplayer dan sejenisnya. ”Beli pakun sendiri,” sentil Bupati dihadapan puluhan Kades.

Bupati menginginkan agar Kades benar-benar memberdayakan masyarakat sendiri. Malah Bupati meminta untuk tidak menggunakan tenaga kerja diluar desa semasih ada warga sendiri yang bisa mengerjakan.

Sebab roh dari dana ADD tersebut adalah bagaimana warga benar-benar diberdayakan dan dapat menikmati hasil dari pekerjaan program pembangunan didesa. ”Kita tidak ingin warga sendiri jadi penonton,” paparnya.

 

Bupati Dompu Tak Ingin Ada Lagi Kades Ditahan

Kajari Dompu Hasan Kurnia SH mengakui kalau ekskalasi aksi warga desa lebih banyak terkait dengan pengelolaan ADD. Salah satu penyebabnya menurut Hasan Kurnia karena warga hanya sebagai penonton karena tidak dilibatkan.

 

Komentar