19 September 2021
oleh

Gunung Tambora Masih Waspada

Gunung Tambora masih berstatus waspada, namun demikian tidak menimbulkan bahaya, tidak dicabutnya status itu karena masih terjadi aktifitas kegempaan vulkanik isehingga Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, masih memberlakukan status waspada. ”Statusnya masih waspada mas,” ungkap salah seorang petugas pemantau gunung Tambora melalui selularnya kamis (21/3).

Aktifitas masyarakat sekitar Tambora menurut dia sudah sangat normal, tidak ada lagi kekhawatiran, mereka bebas mendatangi kawasan itu bahkan sampai kebibir kawah. Diakuinya memang dulu sempat ada larangan untuk mendatangi zona tertentu, tetapi larangan itu telah dicabut seiring dengan menurunya aktifitas kegempaan dari gunung yang pernah meletus dahsyad pada tahun 1815 ini.

Sebagaimana diketahui beberapa bulan tang lalu aktifitas gunung Tambora meningkat bahkan pada level siaga, tetapi itu hanya berlangsung beberapa hari, setelah itu dicabut kembali dan berstatus waspada hingga sekarang.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]

News Feed