H Bambang Akan Terus Dorong Partisipasi Masyarakat

92

DOMPU—Bupati Dompu H Bambang M Yasin akan terus mendorong bagi bangkitnya partisipasi masyarakat dalam setiap proses pembangunan didaerah. Karena menurutnya peran serta masyarakat menjadi titik vital untuk menuju kepada keberhasilan meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Bupati Dompu mengakui sangat terkesima dengan tingkat partisipasi masyarakat di Amerika Serikat. Saat mengikuti diklat kepemimpinan di Universitas Harvast Boston USA beberapa waktu lalu mencermati betul model partisipasi masyarakat adi daya terhadap proses pembangunan.

Materi partisipasi masyarakat dalam pembangunan kata Bupati awalnya tidak diminati oleh peserta diklat yang terdiri dari 19 Bupati seluruh Indonesia yang masing-masing didampingi kepala Bapedanya dengan alasan bahwa model pembangunan partisipatif seperti itu telah lama diterapkan di Indonesia.

Tetapi setelah mencermatinya ternyata disitulah menjadi kunci bagi suksesnya setiap proses pembangunan disana. Ada perbedaan yang mendasar model partisipasi masyarakat, di USA publik benar-benar diberikan ruang untuk menyampaikan aspirasi sementara pemerintah juga sangat terbuka menerima setiap aspirasi yang disampaikan.

Forum seperti Musrenbang benar-benar dimanfaatkan sebagai ajang bagi penyusunan perencanaan pembangunan yang berkesinambungan tanpa diembel-embeli dengan kepentingan lain.

Selain itu model partisipasi masyarakat USA tidak lagi terikat dengan regulasi dan aturan, tetapi semata-mata atas kesadaran serta terdorong oleh keinginan pemerintah dan masyarakat untuk menuju kepada peningkatan kesejahteraan. ‘’Pemerintah dan masyarakat benar-benar sadar atas pentingnya pembangunan partisipatif,’’ ujar Bupati. Sebagai tindak lanjut dari hasil diklat itu Bupati akan berusaha mendorong bagi tumbuh dan berkembangnya proses pembangunan partisipatif sehingga setiap penyusunan dan perencanaan pembangunan masyarakat bisa ikut serta didalamnya. ‘’Kita akan coba musrenbang menjadi sebuah forum yang bisa melahirkan proses pembangunan partisipasi yang berkwalitas,’’ terangnya.

Komentar