oleh

Bupati Dompu Ke Amerika Dicurigai Habiskan APBD

DOMPU–Keberangkatan Bupati Dompu ke Amerika bersama dengan 17 Bupati lain se Indonesia dicurigai menghabiskan uang APBD ratusan juta rupiah. Biaya perjalanan mulai keberangkatan sampai kembali ke tanah air memang ditotal sekitar Rp 250 juta, tetapi Kementrian Dalam Negeri sebagai pelaksana program hanya meminta sokongan dana Rp 65 juta kepada setiap daerah dan itu harus pula membawa pendamping kepala Bapeda setempat.

 

Nada curiga muncul terutama di dunia maya, seseorang yang memiliki akun bernama Endah Suhenda sangat menyayangkan keberangkatan Bupati bersama istrinya karena menghabiskan APBD Rp 250 juta dan dia sangat meragukan manfaatnya. ”Apa manfaat dari keberangkatan Bupati ke Amerika, itu hanyalah plesir,’ tuding Endah yang dicurigai rekan-rekanya sesama dunia maya adalah palsu.

Kabag Humas Pemkab Dompu Abdul Sahid SH yang dikonfirmasi diruang kerjanya membenarkan kalau Bupati Dompu ke Amerika bersama dengan 17 Bupati lainya se Indonesia. Keberangkatan itu menurutnya dibiayai oleh Kementrian Dalam Negeri kecuali untuk transportasi sebesar Rp 65 juta bersama dengan Kepala Bapeda.

Maksud keberangkatan ke Negeri Adi Daya itu kata Sahid sebenarnya merupakan sebuah penghargaan setelah dilakukan penilaian oleh Kemntrian Dalam Negeri terhadap peserta Lemhanas beberapa angkatan. ”Dan Bupati kita terpilih sebagai salah satu dari 18 Bupati se Indionesia,” terangnya.

Ke 18 Bupati itu kata dia untuk mengikuti pendidikan manajemen kepemimpinan yang diharapkan dapat dterapkan didaerahk Sedangkan kegiatanya akan berakhir sampai dengan 14 oktober mendatang.

Sementara anggota DPRD Dompu Drs Syafrin AM menyatakan soal penggunaan uang APBD harus mendapat persetujuan DPRD. Sejauh ini kata Syafrin belum ada pembahasan tentang penggunaan uang untuk perjalanan dinas keluar negeri.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]