PPDB di Dompu Tahun ini Menggunakan Sistem Zonasi

127

Kabupaten Dompu akan mulai menerapkan sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran baru mendatang.

Kepala UPTD Layanan Dikmen dan PK-PLK Kabupaten Dompu, Ahmad Taufik, S.pd yang ditemui kemarin selasa (5/6) mengungkapkan, Tahun ini PPDB dari jenjang SD, SMP maupun SMA akan menggunakan sistem zonasi, yang tidak memungkinkan untuk siswa bebas untuk memilih sekolah.

Sistem zonasi ini hanya memungkinkan siswa untuk mendaftar maksimal tiga sekolah yang berada di dekat lingkungannya, Jika Siswa dari kecamatan woja ingin mendaftar ke SMA 1 Dompu, sudah tidak bisa lagi. Karena ada SMA yang lebih dekat dari lingkungannya. “Siswa tersebut harus sekolah yang dekat dengan rumahnya” ungkap Ahmad Taufik.

Sistem zonasi ini tidak berlaku untuk siswa yang berprestasi, artinya siswa berprestasi dapat memilih sekolah favoritnya. Namun hanya di batasi kuota 10% dari penjaringan siswa berprestasi akademik dan non akademik.

PPDB tahun ini juga akan dilaksanakan secara online serentak dari seluruh wilayah di NTB, penjaringan PPBD online ini dalam tahap seleksi akan menggunakan nilai Ujian Nasional (UN).

Sistem zonasi ini diharapkan bisa meratakan siswa pada tiap sekolah, baik dari segi jumlah siswa, nilai atau prestasi siswa tiap sekolah. Juga diharapkan mampu mencegah kelebihan dan penambahan kuota pada sekolah tertentu. (DB03).

Komentar