Lomba Mancing Nasional Direspon Positif Pemkab Dompu

88

DOMPU-Lomba mancing nasional yang digagas oleh Forum Pegiat Pariwisata Dompu (Panggita) direspon sangat positif oleh Pemkab Dompu. Hal itu terungkap saat hearing antara Forum Panggita dengan Dinas DKP, Bapeda dan Kabag Ekonomi Setda Dompu diruang kerja PLT Kadis Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Dompu, Rabu 29 Nopember 2017.

Dalam pertemuan itu PLT Kadis DKP Ir Wahiddin menyampaikan bahwa Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin sangat merespon rencana Lomba Mancing Nasional diwilayah perairan Kabupaten Dompu.

Bahkan orang nomor satu di Pemkab Dompu itu menyarankan agar lomba tersebut masuk dalam agenda Peseona Tambora ditahun 2018 mendatang. Pentingnya penyelenggaraan lomba mancing nasional katanya untuk memperkenalkan potensi laut yang dimiliki. ”Potensi laut kita sangat kaya akan ikan-ikan yang berkelas,” tutur Wahidin.

Karena itu sebagai leading sektor kegiatan pihaknya akan berjuang memasukan event itu kedalam agenda tahunan Pesona Tambora. Wahiddin juga menyampaikan pesan Bupati agar menghadapi event itu sudah mulai dipromosikan secara meluas baik lokal, regional dan nasional. ”Pesan pak Bupati mulai sekarang harus gencar mensosialisasikanya,” terangnya.

Sementara Drh Khaerul Akbar yang mewakili Kepala Bapeda menyampaikan prinsipnya pemerintah daerah siap mendukung setiap kegiatan yang mampu mendorong percepatan pembangunan disegala sektor. Karena itu disarankan untuk segera mengusulkan kegiatan dimaksud agar dapat dibahas bersama.

Sementara 10 anggota forum yang dipimpin oleh H Abdul Muis,M.Si (Ketua) dan Muhdar, M.Pd (sekretaris) menyampaikan bahwa forum yang konsen terhadap pengembangan sumber daya, ekonomi kreatif, pariwisata, seni dan budaya adalah organisasi yang ingin berkontribusi dalam berbagai sektor tersebut.

Karena itu mereka-mereka yang tergabung dalam forum tersebut adalah para pelaku yang bergelut dibidang masing-masing. seperti para Jurnalis, pelaku ekonomi kreatif, pemerhati seni dan budaya serta fotografer.

Menurut Muhdar, pentingnya event mancing nasional masuk dalam agenda Pesona Tambora selain gaungnya lebih besar juga dapat melibatkan masyarakat setempat sebagai pelaku kegiatan. ”Jadi masyarakat tidak hanya menjadi penonton, tetapi dapat merasakan manfaatnya,” terangnya.

Selain event mancing nasional, Forum Pegiat Pariwisata juga berencana menggelar kegiatan pesta kopi yang dipusatkan di kawasan Gunung Tambora

Komentar